Menambahkan Site Map Pada Google Webmaster Tool

Melakukan submit sitemap ke Google adalah proses penting agar website / blog kita bisa ditemukan, terindex, dan di ranking oleh Om Google. Ada banyak cara untuk meng optimasi website kita, baik dengan cara pemilihan keyword maupun dengan menggunakan tool. Disini saya akan menjelaskan tentang optomasi dengan menggunakan tool yang telah disediakan oleh om Google yaitu google webmaster tool.

Salah satu fungsi tools ini adalah melakukan submit sitemap ke Google.

Format sitemap bisa berupa file teks, html ataupun xml .
Contoh :

http://www.website-anda.com/sitemap.xml
http://www.website-anda.com/sitemap.html
http://www.website-anda.com/urllist.txt

Jadi dalam satu file teks ada URL-URL dari website anda.

Jika anda merasa kesulitan untuk me-list URL halaman anda ini, anda bisa memakai bantuan tools gratis di internet untuk membuat sitemap, misalnya memakai sitemap builder gratisan yang ada seperti www.sitemapbuilder.net atau website lain secara online. Anda bisa memasukkan website anda, dan kemudian melihat sitemap anda sudah terbentuk otomatis. sitemap ini bisa anda sipan dalam file teks ataupun xml , kemudian di upload ke hosting anda.
Sitemap harus ditaruh tepat di direktori level tertinggi dari domain anda.

Misalnya anda memiliki website bernama www.website-anda.com, maka lokasi dari sitemap harus berada di www.website-anda.com/sitemap.xml .

Kemudian lewat Google webmasters tool, anda melakukan verifikasi jika anda sudah mengupload file sitemap anda.

Prosesnya beberapa menit, kemudian Google sudah bisa membaca sitemap anda.

Penjelasan tadi adalah untuk website dengan hosting dan domain anda sendiri. Anda pun bisa menambahkan Sitemap Blog pada Blogger anda.

0 comments:

Post a Comment

Kirimkan komentar anda.. ^^

 
 
 

Recent Post

Recent Comment