PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK

APA YANG HARUS DIKENALI?

*Hakekat peserta didik > individu yang berada pada suatu masa perkembangan tertentu dan mempunyai potensi menjadi dewasa
*Kebutuhan pokok peserta didik à jasmaniah, rohaniah dan psikologis
*Langkah-langkah perkembangan àperkembangan setiap periode

MANUSIA
*Makhluk yang kompleks > Unitas multiplex
*Kesatuan sifat makhluk individu dan makhluk sosial, kesatuan jasmani dan rohani, makhluk Tuhan yang menempatkan hidupnya di dunia sebagai persiapan kehidupannya di akhirat

INDIVIDU
*Tidak dapat dibagi (undevided), tidak dapat dipisahkan, keberadaannya sebagai makhluk yang pilah, tunggal, dan khas.
*Seseorang berbeda dengan orang lain karena ciri-cirinya yang khusus (Websters, 743 )
*Kata benda dari individual yang berart orang, perseorangan, oknum (Echols, 1975 : 519)

KARAKTERISTIK INDIVIDU
*Bawaan ( heredity, nature ) > karakteristik keturunan yang dimiliki sejak lahir, baik yang menyangkut biologis maupun faktor sosial psikologis
*Lingkungan ( environment, nurture ) à karakteristik yang dimiliki karena lahir sebagai akibat dari pergaulan dengan sekelilingnya

PERBEDAAN INDIVIDU ( INDIVIDUAL DIFFERENCES )
*Perbedaan fisik
*Perbedaan sosial
*Perbedaan Kepribadian
*Perbedaan intelegensi dan bakat
*Perbedaan kecakapan (kognitif, bahasa, motorik
*Perbedaan latar belakang
*Perbedaan kesiapan belajar

ASPEK PERTUMBUHAN-PERKEMBANGAN
*Pertumbuhan fisik > sebelum lahir dan setelah lahir
*Perkembangan intelek > kemampuan intelektual, kemampuan berpikir, dengan alur : mengenal > Merespon belum terkoordinasi (refleks) à merespon terkoordinasi > bersikap
*Perkembangan emosi
*Perkembangan sosial
*Perkembangan bahasa
*Perkembangan bakat khusus
*Perkembangan sikap, nilai dan moral

PERTUMBUHAN
*Perubahan kuantitatif pada material pribadi sebagai akibat adanya pengaruh lingkungan, dimulai sejak terjadinya konsepsi dan merupakan peristiwa awal herediter
*Perubahan secara fisiologis sebagai hasil dari proses pematangan fungsi-fungsi fisik
*Proses transmisi dari konstitusi fisik yang herediter dalam bentuk proses aktif secara bersinambungan

PERKEMBANGAN
*Perkembangan adalah perubahan kualitatif pada pribadi fungsional (berkaitan dengan aspek jasmaniah dan rohaniah) sebagai akibat dari pertumbuhan dan belajar
*Perubahan kualitatif ( Van Dn Daele ) dari setiap fungsi kepribadian akibat dari pertumbuhan dan belajar (Wasty Sumanto)
*Serangkaian perubahan progressif yang terjadi sebagai akibat dari proses kematangan dan pengalaman (Elizabeth Hurlock)

HUKUM PERTUMBUHAN
*Cephalocoudal
*Proximodistal
*Kuantitatif serta kualitatif
*Proses bersinambungan dan teratur
*Tempo tidak sama
*Taraf pertumbuhan setiap aspek berbeda
*Kecepatan dan pola dapat dimodifkasi oleh kondisi didalam maupun diluar
*Unik

HUKUM PERKEMBANGAN
*Kualitatif
*Dipengaruhi proses dan hasil belajar
*Dipengaruhi usia (maturitas)
*Berbeda-beda
*Mengikuti pola umum yang sama
*Dpengaruhi oleh hereditas dan lingkngan
*Yang lambat dapat dipercepat
*Meliputi proses individuasi dan integrasi
*Berlangsung dalam tahapan-tahapan

APA YANG MEMPENGARUHi PERTUMBUHAN
*Faktor sebelum lahir > sejak terjadi konsepsi dan selama dalam rahim
*Faktor ketika lahir > proses kelahiran
*Faktor sesudah lahir > sejak terpisah dari ibu (menjadi individu)
*Faktor psikologis

TEORI TENTANG TUMBUH KEMBANG
*Aliran Nativisme (Schoupenhauer) > tergantung herediter /dasar
*Aliran Empirisme (John Locke) > tergantung lingkungan (Tabularasa)
*Aliran Konvergensi (William Stern) > perpeduan dasar dan lingkungan

PERUBAHAN APA YANG TERJADI?
*Ukuran
*Perbandingan
*Mengganti hal/sesuatu yang lama
*Memperoleh hal/sesuatu yang baru

AZAZ PERKEMBANGAN
*Azas biologis  sebagai makhluk hidup
*Azas ketidakberdayaan
*Azas keamanan
*Azas eksplorasi

PERIODESASI PERKEMBANGAN
*Berdasar Biologis (fisiologis) > perubahan kualitatif pada struktur dan fungsi fisiologis
*Berdasar psikologis > perubahan pada fungsi psikologis
*Berdasar didaktis > perubahan yang terkait dengan pembelajaran dan pendidikan

TUGAS PERKEMBANGAN
Yang dimaksud adalah : tugas yang muncul pada saat atau sekitar suatu periode tertentu dari kehidupanindividu, yang jika berhasil akan menimbulkan rasa bahagia dan membawa ke arah keberhasilan dalam melaksanakan tugas-tugas berikutnya. Akan tetapi kalau gagal, menimbulkan rasa tidak bahagia dan kesultan dalammenghadapi tugas-tugas beriktnya.(Havighurst)

MUNCULNYA TUGAS PERKEMBANGAN
*Karena kematangan fisik
*Karena tekanan budaya dari masyarakat
*Nilai-nilai dan aspirasi individual

TUJUAN TUGAS PERKEMBANGAN
*Sebagai petunjuk bagi individu untuk mengetahui apa yang diharapkan oleh masyarakat
*Dalam memberi motivasi kepada setiap individu untuk melakukan apa yang diharapkan dari mereka oleh kelompok sosial pada usia tertentu sepanjang kehidupannya
*Menunjukkan kepada setiap individu tentang apa yang akan mereka hadapi dan tindakan apa yang diharapkan dari mereka kalau sampai pada tingkat perkembangan berikutnya

FAKTOR PENGHAMBAT TUGAS PERKEMBANGAN
*Tingkat perkembangan yang mundur
*Tidak ada kesempatan / bimbingan mempelajari tugas-tugas perkembangan
*Tidak ada motivasi
*Kesehatan yang buruk
*Cacat tubuh
*Tingkat kecerdasan yang rensah

FAKTOR PENDUKUNG TUGAS PERKEMBANGAN
*Tingkat perkembanngan yang normal atau yang diakselerasikan
*Adanya kesempatan dan bimbingan untuk mempelajari tugas perkembangan
*Motivasi
*Kesehatan yang baik
*Tidak ada cacat tubuh
*Tingkat kecerdasan yang tinggi
*Kreativitas

PERIODISASI PERKEMBANGAN
*Berdasar biologis
*Berdasar didaktis
*Berdasar psikologis

BERDASAR BIOLOGIS
*Aristoteles à Fase II : masa anak, masa belajar, masa sekolah rendah, ditandai gigi tanggal
*Kretchmer à Fase III (masa Fullungs) : jiwanya terbuka, mudah bergaul, mudah didekati (cychlothym )
*Sigmund Freud à Fase Latent : impuls cenderung dalam kondisi tertekan (mengendap)
*Maria Montessouri à periode II : rencana abstrak, memperhatikan kesusilaan
*Ch. Buhler à Fase III/IV :hubungan pribadi dengan lingkungan sosial, kesadaran akan kerja, tugas, prestasi, memuncaknya minat ke dunia objektif

BERDASAR DIDAKTIS
*Comenius à Scola Vernacula (sekolah bahasa ibu)
*Jean Jaques Rousseau à masa pendidikan jasmani dan latihan panca indera
*Freud à masa kelas rendah SD (6/7 – 9/10 ), masa kelas tinggi SD ( 9/10 – 13 ).

BERDASAR PSIKOLOGIS
*Oswald Kroh à masa keserasian bersekolah
*Kohnstamn à masa intelektual
LABEL UNTUK ANAK USIA SD :
*Orang tua à usia menyulitkan, tidak rapih
*Para pendidik à usia sekolah dasar, periode kritis
*Ahli psikologi à usia berkelompok, usia penyesuaian diri, usia kreatif, usia bermain

KARAKTERISTIK
*SD Kelas rendah :
1.Adanya korelasi yang tinggi antara keadaan jasmani dengan prestasi sekolah
2.Sikap tunduk pada peraturan permainan tradisional
3.Ada kecenderungan memuji diri sendiri
4.Suka membandingkan diri dengan yang lain
5.Menganggap tidak penting soal yang tidak mampu diselesaikan
6.Menghendaki nilai raport yang baik
*SD Kelas tinggi :
1.Adanya perhatian terhadap kehidupan praktis
2.Amat realistik, ingin tahu, ingin belajar
3.Ada minat terhadap pelajaran yang khusus
4.Masih membutuhkan bantuan guru/orang dewasa dalam menyelesaikan masalah
5.Nilai (angka raport) dipandang sebagai ukuran sebaik-baiknya bagi prestasi sekolah
6.Gemar membentuk kelompok teman sebaya

MINAT DAN KEGIATAN BERMAIN
*Bermain konstruktif
*Menjelajah
*Mengumpulkan
*Permainan dan olah raga
*Hiburan ( membaca, buku komik, film, radio dan televisi, melamun atau berkhayal)

BAHAYA
*Fisik : penyakit, kegemukan, bentuk tubuh yang tidak sesuai, kecelakaan, ketidakmampuan fisik, kecanggungan, kesederhanaan
*Psikologis : bahaya dalam berbicara, emosi, sosial, bermain, konsep diri, moral, yang menyangkut minat, penggolongan dalam peran seks, hubungan keluarga, perkembangan kepribadian

KEBUTUHAN
*Fisik
*Psikologis
*Sosial

SIAPAKAH REMAJA?
*Menurut hukum > usia 16 – 22 tahun
*Berdasar perkembangan fisik > alat-alat kelamin mencapai kematangan
*Menurut WHO à menunjuk tanda seksual sekunder sampai matang, perkembangan ppsikologi dan pola identifikasi dari kanak-kanak menjadi dewasa dan peralihan dari ketergantungan sosek.
*Tinjauan faktor sosial-psikologis > perubahan dari kondisi entropy ke negen-tropy

APA YANG TERLIHAT
*Kegelisahan
*Pertentangan
*Berkeinginan mencoba hal baru
*Keinginan menjelajah alam sekitar
*Mengkhayal danberfantasi
*Aktivitas berkelompok

ASPEK KEHIDUPAN APA YANG PERLU DIPELAJARI?
*Kehidupan Biologis : TB dan BB, proporsi dan bentuk badan, kulit dan rambut, berfungsinya kelenjar kelamin > dipengaruhi oleh kelenjar pituitari dan hypothalamus
*Kehidupan psikologis :intelek, emosi , minat, moral, perkembangan sikap
*Kehidupan sosial : hubungannya dengan keluarga, teman sebaya, masyarakat dan perkembangan sikap sosial dalam kelompok

BAGAIMANA KEHIDUPAN BIOLOGISNYA?
*Perkembangan TB dan BB tergantung pada kondisi tubuh
*Proporsi dan bentuk badan à tidak proporsional, tida simetris dan tidak teratur
*Kulit dan rambut
*Berfungsinya kelenjar kelamin

BAGAIMANA KEHIDUPAN PSIKOLOGISNYA?
*Perkembangan intelek : makin mampu membuat generalisasi, makin mampu melihat hubungan antara hal satu dengan yang lain, mampu mengadakan pembicaraan intelek,senang mengkritik dan mampu berpikir secara abstrak
*Keadaan emosi :lebih peka
*Minat : cenderung ke personal dan sosial
*Keadaan moral : perubahan moral sesuai dengan perubahan kebudayaan
*Perkembangan sikap : berkaitan dengan kebutuhan, keinginan, kebudayaan dan usia kronologis

BAGAIMANA KEHIDUPAN SOSIALNYA?
*Hubungan remaja dengan keluarga : sering muncul konflik
*Hubungan remaja dengan teman sebaya : teman sebaya merupakan bagian yang sangat penting
*Hubungan remaja dengan masyarakat : masyarakat merpakan media berlatih, dapat bernilai positif mapun negatif.
*Perkembangan sikap sosial dalam kelompok : kompetisi, konformitas, menonjolkan diri, menentang kekuasaan dan menerima/menolak

POLA-POLA KEHIDUPAN REMAJA
*Remaja dan percintaan : tahapannya : Chrush > Hero-warshipping > Boy/Girl Crazy > Puppy love à Romantic love
*Remaja dan kebebasan : kebebasan adalah dambaan
*Remaja dan Idealisme :

Dosen : Dra. SRI PANCA SETYAWATI, M.Pd

0 comments:

Post a Comment

Kirimkan komentar anda.. ^^

 
 
 

Recent Post

Recent Comment